Pikiranku di Waktu Kecil

Ini aku ketika berumur 3-4 tahunan. Ceritanya pakai baju Sailormoon dikasih sama adiknya Ibu. 


  
            Otak kita berkembang sesuai usia. Hal itu tentunya selaras dengan pemikirannya. Aktivitas membaca, bermain dan ngobrol dengan orang tua sangat mempengaruhi pemikiran si anak. Disini saya mau cerita sedikit tentang apa yang dulu saat kecil saya pikirkan.

Ternyata Penyanyi Juga Manusia

           
            Saya punya masa kecil yang kurang sesuai. Maksudnya dibandingkan dengan anak-anak yang lain. Umur 7 tahun saya sudah dipesantrenin sama orang tua di Yogyakarta. 4 tahun saya disana. Dan punya jadwal pulang ke rumah setahun dua kali. Hal ini kemudian membuat saya sedikit berbeda. Terutama soal televisi dan kartun-kartun L. Terus sejak disana, saya punya kebiasaan ngobrol sendiri sampai SMA. Sekarang saya juga kadang masih suka kambuh terutama kalo lagi sendirian. Serem ya -__-
            Nah, suatu saat entah ketika saya kelas berapa, yang jelas saya lagi ada jadwal pulang. Ceritanya saya lagi liat acara gosip gitu ya kalo nggak salah, nah disana ada penyanyi yang lagi diwawancara, saya lupa dia siapa. Tapi yang jelas saya baru pertama kali ngeliat dia ngobrol gitu seperti manusia.
            Dari momen itu, saya baru sadar bahwa penyanyi juga manusia. Dia bisa ketawa-ketawa, bisa ngobrol, bisa makan kayak kita. Soalnya dulu saya pikir orang-orang berprofesi spesifik seperti penyanyi atau misalnya pembawa berita nggak bisa ngapa-ngapain lagi selain ngerjain pekerjannya.
            Aneh ya aku dulu bisa mikir kayak gitu.

Jangan Nelen Biji Jeruk


            Menurut pengamatan terhadap sepupu-sepupu saya, anak kecil itu paling males kalo udah makan terus ada yang harus dibuang dari makanan itu. Apalagi yang berbiji kecil-kecil. Misalnya kalo makan jeruk itu bijinya harus dibuang. Kalo makan permen karet itu kalo udah nggak manis harus dibuang juga.

            Saya termasuk anak yang kedul kalo kena hal beginian. Alhasil saya suka nelen gitu ya biji semangka, permen karet atau biji jeruk. Alasan yang paling besar sih kenapa harus dibuang? Tapi tetep sih namanya anak kecil mau dikasih alasan yang sebenernya nggak akan ngerti-ngerti.
            Nah waktu itu karena aku terus-terusan nelen biji jeruk dan suka males buang sisa permen karet akhirnya Ibuku bilang kalo aku nelen biji jeruk terus ntar ada pohonnya tumbuh di kepala. Kalo yang ini sih aku yakin banyak diantara kita yang dapet nasihat kayak gini dari orang tuanya ya. Hehe.

Menyelamatkan Semut


            Waktu itu ceritanya saya udah stay di Bandung dan nggak pesantren lagi di Yogyakarta. Nah di Bandung, saya selalu ikut TPA setelah pulang sekolah di sore hari. Di TPA itu saya inget banget materi yang diajarkan adalah tentang menyelamatkan binatang. Saya baru inget banyak banget dosa, soalnya dulu paling suka ngebunuh semut yang ada di dinding. Dipencetin satu-satu atau dimainin pake Kapur Bagus.

            Nah besoknya, pas saya mau mandi, ternyata di bak mandi itu banyak banget semut yang mengambang. Akhirnya karena ingat pelajaran pas TPA bahwa kita jangan suka membunuh makhluk Allah, akhirnya saya selamatin satu-satu. Saya kena marah sama Bapak karena kelamaan di kamar mandi. Dan akhirnya nggak mandi dan masuk angin.


Melihat Dinosaurus di Tembok


            Sejak kelas 5 SD, saya punya hobi lama-lama di kamar mandi. Biasanya suka dimarahin sama Bapak karena jadi bikin telat yang lain. Sebelum mandi biasanya saya suka ngelamun dulu. Liat tembok dan akhirnya menemukan banyak binatang-binatang di noda-noda tembok dan pecahan-pecahannya. Binatang yang paling sering diliat adalah Dinosaurus. Nggak tau kenapa.


Membaca Atlas Sebelum Tidur


            Waktu kecil Bapakku kerjanya di Bekasi. Dia pulang seminggu sekali. Otomatis hampir setiap hari aku, Ibu dan adikku barengan di rumah. Ibuku dari sebelum nikah udah jadi guru. Alhamdulillah, jadi sejak kecil aku udah akrab sama buku dan banyak metode belajar buat balita yang kadang nggak berhasil diterapkan ke aku. Hehe.

            Setiap mau tidur, Ibuku punya kebiasan mendongeng. Dari dongeng yang beneran dongeng, sampai dongeng yang ngarang. Aku dan adik aku banyak nanya apalagi kalo dongengnya ngarang. Atau kadang kalo dongengnya udah diceritain sebelumnya. Aku dan adik aku suka rewel.
            Beranjak besar, Ibuku beliin aku banyak buku cerita. Yang paling banyak itu dari Mizan. Tokohnya Mio. Sampai aku udah lancar baca buku, semua buku cerita udah aku tamatin entah untuk keberapa kali. Sampai akhirnya Ibuku nyuruh aku baca buku atlas karena ngga ada lagi buku cerita yang bisa aku baca sebelum tidur.
            Iya lho, atlas yang ada peta dan daftar baju adatnya aku baca sebelum tidur. Hehe.

Pakai Kerudung Ketika Main


            Ibuku mulai ngajarin aku pakai kerudung sejak aku kecil. Kalo jaman 90an mah ya kerudung buat anak kecil masih jarang ditemui. Kalo ada juga pasti harganya mahal. Nah Ibuku mulai ngebiasain aku pake kerudung kalo mau pergi. Hal itu bikin aku terbiasa. Jadi ngerti kalo Ibuku pakai kerudung pasti dia mau keluar rumah.

            Aku TK di TK Islam, jadi ada seragam yang muslimnya. Walaupun ada seragam yang ada kerudungnya tapi roknya selutut. Nggak apa-apa lah ya. Nah, sejak SD ini seragamnya ngejahit sendiri, jadi Ibuku bikin kerudungnya. Akhirnya pesan Ibukupun sampai bahwa perempuan Muslim itu harus pakai kerudung.
            Pas SD aku masih bandel, mau dikerudung kalo sekolah aja. Akhirnya Ibuku nyuruh aku pakai kerudung kalo main. Aku nurut. Akupun pakai kerudung kalau mau main.
            Iya aku dikerudung. Cuma kaosnya pendek dan aku suka pake celana pendek bunga-bunga sepaha (semacam hotpants). Aku sih mikirnya saat itu udah ngelakuin hal yang bener. Haha dasar ya.
           
            Mungkin sekian dulu sharingnya, nanti kalo inget yang lain sekuelnya akan menyusul :D 

Comments

Popular Posts