Dari Kecopetan, Emansipasi Sampai Nasi Goreng

Oiaa, sebenernya ada cerita. Hmm, seminggu yang lalu gitu ya. Hari Sabtu, 19 November. Jadi hari itu aku kuliah sampe sore. (EXCUSE ME?? –kata mahasiswa di salah satu kampus). Hari Sabtu lho ya, kuliah. Iya kuliah. Iya kata aku juga kuliah. IYA KULIAH.

Jadi beres kuliah CCT aku langsung pergi ke EF Cipaganti dengan kepentingan mau ngambil hasil TOEFL ITP (Alhamdulillah 470, lolos persyaratan awal IELSP. Semoga dikasih jalannya terus ya sampai Arizona. Amin). Jadi aku itu ceritanya menindaklanjuti sms yang dikirim sama EF Cipaganti sehari sebelumnya, katanya nilai udah keluar dan bisa diambil disana. KESALAHAN AKU ADALAH, nggak nelpon ke EFnya, yaa misalnya nanya buka dari jam berapa sampai jam berapa kek atau gangguin operator. Nah, singkat cerita, aku menumbali temanku (namanya Chy, eh bukan namanya deng tapi dipanggilnya Chy) buat nemenin aku kesana. Awalnya mah mau sama anak laki-laki. Iya jadi yang tes itu bertiga, yang dua cowok. Tapi melihat lagaknya pada males jadi aja aku berinisiatif ke EF, terus sekalian mempraktikkan kata emansipasi aja. Aku soalnya suka aneh sama kaum cewek sekarang, ongkoh mereka koar-koar ngomongin soal emansipasi lah, feminism lah, eh giliran disuruh pergi kemana, atau ngerjain apa gitu (yang kata aku mah itu teh bagian dari praktik emansipasi), dengan enaknya mereka jawab, “Itumah harusnya laki-laki atuh” dan jawaban-jawaban serupa.  Gitu tuh yang bisanya koar-koar. Tipikal koar-koar itu biasanya praktiknya (kerja dan menulis) suka mengecewakan. Kalo kata leluhur saya yang bernama A Miko mah kayak aktifis lingkungan yang aksi terus beresnya langsung pada ngerokok. Kebanyakan mereka itu gak ngerti sama apa yang mereka lakukan. Kebayang ya, kalo mau-mau aja disuruh aksi eh taunya dosa di atasnya, yang aksi juga ikutan dosa. Iyalah, pahala dan dosa itu sifatnya kayak MLM. Awas weh.

Oke. Kembali ke cerita.

Eh pas nyampe Cipaganti. TUTUP. Sakit hati? Iya. Kita juga gak mungkin demo disana. Akhirnya pulanglah kita dengan tangan kosong. 

*kokosehan*

Setengah jam kemudian udah sampe rumah. Tiba-tiba aja pengen pulang ke rumah orang tua (sebenernya niatnya mah ambil uang mingguan soalnya kalo ditransfer suka lama). Nah aku itu orangnya kalo pengen sesuatu dan kalo hari itu sehat ya pergi, ya dikerjain. Gak bisa dibesok-besok. Nah, sambil liat cuaca yang mendung, kayaknya gak asik kalo bawa motor. Yaudah solusinya TMB. JENG. Jam 5 an aku di Shelter Bunderan. Apa cik? Taunya TMB yang datang itu gak bawa penumpang lagi. Ternyata mereka cuma beroperasi sampe jam 5 sore.

Sebagai mahasiswi yang kalo mata kuliah Pak Uday suka dibilang Agnes Monica saya kecewa L

Adalah bis rombeng bernama Kotrima mangkal di situ juga. Sambil ngebayangin keongnya ini bis kayak apa terus dilema gak mau balik lagi ke rumah singgah, finally I put my feet there with hi-self regretting. Dapet tuh tempat duduk deket pintu, si backpack aku pangku. Mengingat tingkat kriminalitas yang tinggi disana. I was trying to be aware. Rekan duduk pertama adalah anak laki usia SMP yang pake setelan Emo. Celana tentara yang selutut sama kaos item. Satu hal, dia gak pake polem (poni lempar).

*sujud syukur*

Evthings goin well for some kilometers. Naik bis butut gini itu serasa berada di Indonesia yang sebenarnya. Aku bisa liat pemuda yang pura-pura tidur saat ada nenek-nenek atau kakek-kakek atau ibu yang bawa anak naik ke bis. Sampai akhirnya org2 tua itu cuma tengok kanan-kiri kayak di tempat sepi. They, as passengers saw the olds clearly. But it seems hard to share their place just for some minutes, they had pay. First come, first served.

Sampai akhirnya, daerah Buah Batu terjadi desak-desakkan. Ceritanya si anak SMP udah turun. Kosong kan, duduklah seorang pemuda yang mukanya abstrak di sebelahku. Dia pake jaket item kulit gitu sambil bawa ransel. Aku sempet denger keneknya teriak, “Kapayun, Bu. Kapayuun.” Benci tuh sama teriakannya. Ini bisnya udah overloaded. And then, I just know that teriakan khasnya itu kode Semiotics buat seluruh penumpang bis biar mereka maju ke depan soalnya si kenek tau kalo ada copet masuk ke dalem bis. Dan mereka gak mungkin dengan vulgarnya bilang, “Kade, bu aya copet”. Bisa mati dia bareng supirnya.

Ini dia. Tepat di depan saya, ada sekitar 4 orang pemuda dgn muka tanpa masa depan lagi mepetin seorang pemuda yang lagi bawa laptop. Asli loh, belakangnya itu kosong dan dia dipepetin. Aku, otomatis lebih merhatiin mereka dan lupa sama kondisi sendiri. Si aa jaket kulit pinggirku juga dia mepet-mepetin. Antara bingung dan pengen nolongin, asalnya mau teriak copet. Tapi dipikir lagi. Nggak kayaknya.

Beberapa meter kemudian mereka turun. Asli. 5 ORANG. HECK! Akhirnya setelah mereka turun aku ngobrol sama penumpang lain. Bener itu copet. Nah pas mau sampe di Pal 3, Cimahi karena janjian sama Bapak disana aku mulai ngecek barang. Dan hp Nokia ku ilang. Mencoba relax dan ngecek lagi ternyata ilang. Udah deh pasrah salah sendiri juga kali gak hati-hati.

 Nokia yang ilang

Turunlah aku di Pal 3 dan bilang ke Bapak kalo hp Nokia ilang. Udah gitu dimarahin bentar, dan diajak makan Nasi Goreng.

Pesan saya: Jangan maksain sesuatu yang keliatannya gak bisa dikerjain. Kalo jam masih muter Insya Allah bisa dikerjain besok kan?


Comments

Popular Posts