Nilai Mengecat

Sabtu kemarin, ketika datang ke rumah. Aku dikagetkan dengan kehadiran seorang laki-laki yang sedang mengecat halaman. Awalnya aku kira Om lagi ngelanjutin ngecat. Soalnya sebelumnya dia emang lagi ngecat rumah. Yang ngecat ini rambutnya kribo, mungkin umurnya gak jauh dari aku. Sekitar 25 mungkin. Eh, jauh berarti. Aku masih 22 kok.

Tapi dipikir-pikir kalo emang orang itu suruhan, dari tampangnya nggak mungkin kalo tukang ngecat atau tukang bangunan. Lumayan soalnya.

Pas masuk ke rumah, aku tanya tanteku yang sedang nonton sambil rebahan di ruang TV.
“Om Abah manggil tukang cat?” tanyaku.
“Nggak. Itu mahasiswa yang minta nilai. Pas datang Om Abah lagi ngecat, langsung dia minta ngecat aja buat dapet nilai. Di rumahnya suka ngecat katanya. Katanya sih udah nggak ada waktu ngerjain tugas. Sibuk bisnis jeans,” katanya sambil sedikit tertawa.
Emang bodor juga sih dipikir-pikir.
“Om Abah kan paling strict sama tugas. Biasanya yang minta nilai disuruh resensi buku. Makalah juga diperiksa satu-satu, “ lanjut tanteku. Fyi, Omku dosen Sejarah di kampus.
Kebayang ya, kalo misalnya mahasiswa itu datengnya pas Omku lagi ngopi masa iya minta pangbikinin kopi setaun untuk nebus nilai dia.
“Itu juga paling dapet nilai berapa, C juga udah lumayan…” sambungnya lagi.
Selama lagi ngecat itu, aku sempet nyuguhin kopi. Pas diliat sih lagi BBM-an. Dan gantian juga ngecatnya sama Omku.
“Itu juga ngecat dikit gitu dari jam 10, sampe sore gini belum beres-beres. Sambil ngeladenin yang pesen juga katanya,” kata tanteku mengakhiri pembicaraan tentang mahasiswa itu.
Aku langsung tarik nafas ketika inget semua nilaiku udah beres semua. Tinggal skripsi aja ini masih mandeg.

Comments

Popular Posts