Latepost: Turning 22

Sebenernya harusnya aku ngeberesin proposal malam ini buat dikirim via email ke Pak Pepen besok. Tapi sepertinya aku harus nulis dulu tentang hari kemarin. Takutnya keburu pikun, atau aku tiba2 hilang ingatan. Jadi sebelum hal itu terjadi aku mau ngejaga memori itu dulu. Ciyee. Memori 2 GB. By the way, journaling makes you healthier, quoted by The Doctors.

--

Rabu pagi, sejak pukul 00.00 akhirnya aku berpindah umur jadi 22 tahun. Asalnya aku ingin ngebuka mata gitu pas momen si detik jam ke angka 00.00, maybe I could turn into someone else… Hehe. Cuma sepertinya takdir membuatku tertidur lelap sejak pukul 23.40. Dasar cemen.

Whatsappku online. Biasanya sih suka dimatiin, ntar dinyalain lagi pas pagi. I just feel really cool when I got messages when I turn my Android on in the dawn. It seems that everyone needs me... Okay, it’s enough -__-

Hari itu aku nggak shaum. Nggak sholat juga berarti. Jadi pas bangun, aku langsung aja diem natap langit-langit kamar dan mengucapkan “Oh, I’m 22,” di dalam hati.

Dengan masih selimutan aku make wishes, prayed for better things on me, things and people around me too. Kadang juga suka terlintas gitu ketika bangun tidur ada yang ngucapin. Eh, udah deng. Tahun lalu di kostan, bangun tidur langsung diucapin selamat ulang tahun sama roommate, Nabila Shaqi yang udah beres sidangnya Juni kemarin :(

Kalo dibikin scene buat film, pagi itu sampai sore, scene yang dibikin itu cuma scene bisu. Nggak ada backsound, nggak ada percakapan. Cuma aku aja cast-nya bergerak-gerak sendiri. Aku beres-beres, belajar, cuci piring, buka Whatsapp, balesin pesan, buka Twitter, balesin tweet, buka FB, balesan pesan di Wall. Well, kadang di balik kemuakan kita hidup sama Socmed itu, yang kata orang bikin kita nggak hidup dengan realistis, become the only thing that accompanying us in the end. Ibaratnya, kalo orang-orang yang ngucapin selamat ulang tahun ke kita dari Socmed itu dikumpulin, kita bisa bikin hajatan gede dan harus nyewa sebuah GOR. Bahkan mungkin butuh EO juga. Intinya mah sih, use it appropriately.

Pas sahur, Kryptonite ngucapin selamat, dengan doa-doa sederhana yang aku selalu amini di hari-hari setelahnya. Di pembicaraan, dia ada agenda liputan jam 10 ke Pemkot sama ke Padalarang mantau arus mudik. Ya aku biasa ajalah ya. Dari kemarin juga kan emang lagi job-training. Lagian.. eh udah stop katanya kan biasa aja? Baiklah -___-

Berikut juga temen-temen lain yang ngucapin, Sabila, Faiza, dan semuanya. Hehe. Makacih :*




Terus kata dia, dia blunder. Salah ngejarkom rapat redaksi. Harusnya Kamis bukan Rabu. Dia kan hari ini sibuk sampe sore. Emang sih pas Subuh aku dapet jarkoman rapat redaksi, tapi itu Kamis bukan Rabu.

Makannya aku bilang tenang aja da Kamis bukan hari ini. Oh, well, dan sebaiknya kita harus selalu aware dengan apa yang akan terjadi selama hari ulang tahun itu. In every single thing.

Berhubung dia katanya jam 10 mau liputan, jadi aku dari jam 8 an kirim pesan di Whatsapp ke dia ngingetin untuk jangan kesiangan. Terus kirim sms juga tapi nggak ada balesan sampe jam 5 sore. Of course, in this my day I got mad. A lot. In a huge numbers T_T

Yang bikin keselnya itu adalah dia cuma ngeliat pesanku aja, dan nggak dibales. Lagian pake Whatsapp ya ketauan lah, “Last seen on blablabla,” Sebelumnya pake Line juga ketauan kayak gitu. He did it many times. Makannya kalo nggak mau gitu pake SMS aja. Jadilah aku bête di hari ulang tahun ini dari pagi sampe jam 5 sore. Kenapa sampe jam 5 sore? Karena baru dari jam segitu dia bales pesan di Whatsappku. Nah ceritanya gantian. Ngasih hukuman. Jadi giliran aku sekarang nggak bales, tapi cuma dibaca tea. Haha maksa ya. I was treating him the same way.

Di jam-jam itu, Teh Nirra sama Aad nyariin aku dan nyuruh ke sekre. Hmm dan nggak mungkin banget lah ya, udah mau buka dan ngapain gitu. Aku sih udah mikir mau dikerjain. Makannya tegas aku nolak kesana.

Hengki juga pada nyariin. SMS Hengki ini lebih ambigu. Gini…

Hengki : Teh, kemaren (I) ngajakin pura-pura rapat redaksi soalnya hari ini teteh ulang tahun katanya tapi sekarang dia gak ada jadi gimana? *mana titimangsanyaaaa, HENGKII??*
Aku : Hahahaha rapat skr? Naha aku gatau? 
-___- Dia pulang. Marahin aja dia tuh -___-
Hengki : Ada barusan ngesms ke Si Gara katanya mau ke kampus nanti kalo ketemu teteh pura- pura gak tau aja.
Aku : Hahaha geleh banget. Iya. 

Saat itu, pesan terakhir (aduh pesan terakhir) Kryptonite adalah bahwa dia mau pamit pulang. Pamit ya ke rumahnyalah ya ngapain kali jauh banget ke Cibiru. Plus saat itu aku udah nggak mikir bakalan dikerjain atau dikasih surprise. Masa iya Ketua Panitianya pulang dan nggak ikutan kan.

Tapi, tiba-tiba Kryptonite kirim pesan lagi yang isinya itu ngagetin banget. Kayak dapet konfirmasi kerja untuk di-interview gitulah rasanya. Dia kirim gini.

Abis Isya aku jemput. Aku pengen ditraktir buka.

APAA ATUH INI TEH APA SIH? Dan perasaan aku random banget diombang-ambing begini.

Hari sebelumnya aku emang bilang mau traktir buka pas ulang tahun, berhubung nggak ada uang kalo nraktir semua orang, jadi perwakilannya aja dia aku traktir. Tumben banget nagih mana kan tadi dia dari Padalarang dong. Ah ini sih bercanda.

Hmm… tapi dari situ mulai curiga. Katanya dia pulang ke rumahnya, terus ini kenapa anak-anak pada nyariin aku? Terus ini apa pula dia mau ngejemput? Y_Y

Setelah dikonfirmasi, ternyata emang bener dia mau ngejemput. Pas Magrib dia lagi takjil di jalan. Ya ampun so sweet banget ya kekasihku ini walaupun punya penyakit maag. Kemudian aku pergilah ke kosan Ajem dan nungguin dia disana. Aku juga berniat nginep di temen takutnya pulang kemaleman.

Nothing suspicious when we meet. Pertemuan biasa sih kayak makan di Pecel Lele seperti biasa. Kita makan di tempat favorit di Ujungberung. Penyet Lelenya paling enak se-Bandung Raya dengan harga Rp 10.000 aja belum sama tahu tempe sih. Penuh gila dong setiap hari. Bukan pecinta Lele namanya kalo belum nyobain yang satu ini.

Setelah makan, Kryptonite terus-terusan SMSan. He’s annoying me. Bikin nggak nyaman.
“Ini dari si M. Nanya-nanya mulu katanya kalo aku mau nginep kunci kostannya ditaro di temennya,” gitu kata dia.
Emang iya sih dia emang suka nginep disana kalo abis liputan daerah sini dan kemaleman. Temennya yang namanya M ini juga lagi job-training.

Setelah makan, kita nyimpang dulu ke KFC beli Chocolate Ice Cream Sundae dan nggak berniat makan disitu. Mau makan di sekre aja rencananya. Tapi akhirnya kita nggak makan di sekre.
“Masa kita cuma bawa dua? Ngga enak sama yang lain,” kata dia lagi.
So, we ate those 2 cups of Sundae in the side street. Dan itu hanya beberapa meter lagi dari sekre. Baru juga makan sedikit dia udah ngajak pergi aja.
“Yaudah deh kita ke sekre,”
Sampai di sekre. Gelap banget. Kopma juga. Kopma juga gelap.
“Gelap gitu masa ih,” kataku ketika turun dari motor.
“Yaudah gih duluan nyalain lampunya,” kata pria yang rambutnya pengen dipanjangin lagi ini.  
Akhirnya aku naik duluan. Pintu sekre dua-duanya ditutup. Mana gelap lagi males kan. Dan pas aku nyalain lampu…

Aaaaaaaak ternyata bermunculanlah pria-pria dari kamar mandi bawa-bawa karton warna-warni, ada Hengki, Gara, Charis, Ucok, Salman, terus Aad datang nyanyi-nyanyi dengan yang lain, nyanyinya lagu Pelangi-Pelangi. Oh my gooood!!

Daaan ada Nabila jugaa, Inna jugaa. What a lovely day! :)

One of them brought me a cake with melted candles on it. Katanya mereka udah nungguin setengah jam. Hehe. Jadi lilinnya tinggal separo gitu dan udah meleber kemana-mana. Hehe.
Ki-Ka: Hengki, Salman, Anggara, Ucok
Inna - Aku - Nabila is holding '12' paper. That was her idea -_-
22 but looks 17

Ketua Panitia 

This is the second time he gave me a surprise. Not big or expensive, but he’s completely took my breath away. As always. Ciyeeee.

I ever heard that someone who loves you will give thing that you don’t ask. I was completely in a huge pause at that time. Speechless. Entahlah gimana caranya dia ngumpulin anak-anak ini. Which is he’s very busy, not very but, quite. liputan setiap hari. Masa iya sempet ngurusin beginian.

Akhirnya setelah bagi-bagi kue semuanya kasih doa buat aku. Kryptonite juga. Jarang-jarang dia mau malu di depan orang gitu. Hehe.

--

Buatku hadiah yang paling berharga adalah sesuatu yang bisa terus diingat momennya. Bukan barang. Mereka bisa rusak. Tapi ingatan? Yakin deh hal-hal sederhana seperti ini yang akan terus nempel di ingatan kita. Hal-hal seperti ini yang bisa menjaga hubungan. Hubungan antar teman, hubungan antar hati. Hehe.

--

Thank you a million paragraphs, Kryptonite. I will keep this memory on.


Actually:

1. Jarkom rapat redaksi hari Rabu itu sebenernya palsu dan rencana si Kryptonite aja biar aku dateng ke sekre. Dia tau kalo nggak ada perlu aku nggak akan ke sekre.
2. Hengki hampir aja menghancurkan rencana surprise dengan kirim SMS ambigu ke aku. Untungnya aku rada lambat mikirnya jadi nggak ngerti.
3. Hari sebelumnya, si Kryptonite ngasih briefing buat anak-anak biar nggak gagal atau misalnya aku bikin garing surprise-nya dengan mengatakan “Apa ih,” atau “Geuleuh ih,”
4. Alhamdulillah Nabila ikut bersekongkol juga dan bisa datang, untung dia belum pulang lagi ke Sukabumi. Love you, roommate :*
5. SMSan sama M itu bohong, sebenernya dia SMSan sama pasukannya yang udah standby di sekre untuk menyoraki aku.

Note: All photos by Anggara

Comments

Post a Comment

Popular Posts